Nitmatknya Networking

Kemarin saya kembali merasakan betapa nikmatnya mempunyai Networking (pertemanan) Syukur Alhamdullilllah dari network ini kami berkesempatan mendapatkan bisnis yang sangat besar.

Pertama, kami datang ke salah satu klien kami di daerah Sunter Jakarta Utara yang merupakan salah satu klien pertama kami. Dari hasil pertemuan kemarin kami mendapatkan pekerjaan dan order baru. Kami juga diundang untuk berpartisipasi di dalam pembentukan bisnis baru berupa Joint Venture antara beberapa orang teman (network) teman ini dan kami termasuk di dalam dalamnya. Tentunya saja saya memutuskan untuk bergabung.
Network ini bermula dari network teman/saudara yang juga teman alumni SMA. Saudara saya bekerjasama dengan teman ini. Ketika teman ini mengalami masalah dengan klaim asuransinya saudara saya memberitahu saya dan kami diperkenalkan. Kemudian saya ditunjuk untuk membantu penyelesaian klaim itu dan Alhamdullilah dapat terselesaikan dalam waktu relative cepat dan dalam jumlah yang memuaskan. Klien ini puas, dan dari situlah network kami berjalan dan berkembang dan hingga sekarang sudah berjalan 5 tahun lebih. Insya Allah network ini akan terus berkembang di masa-masa mendatang.

Kedua, kami Alhamdullilah mendapatkan klien baru dari network yang lain. Network ini awalnya berasal dari salah seorang sepupu saya yang dulu pernah menjadi pimpinan di perusahaan itu. Sejak itu persahabatan kami berjalan baik meski sepupu saya sudah tidak lagi bekerja di sana.
Sekarang perusahaan itu membuka divisi baru dan mereka akan membiayai sebuah klien baru dan besar tapi mereka ingin mengetahui lebih banyak mengenai perusahaan itu. Saya mempunyai seorang teman (network) lain yang pernah menjadi konsultan di perusahaan itu. Kedua teman ini saya pertemukan dan keduanya saling bertukar informasi dan teman yang memerlukan informasi merasa puas sehingga dengan informasi itu beliau bisa meyakinkan pimpinannya untuk mengambil keputusan. Hasilnya insya Allah akan terjadi deal.

Entah berapa banyak lagi deal-deal yang sudah saya lakukan melalui Networking atau jejaringan pertemanan. Sungguh benar apa yang diajarkan oleh Rasullulah Muhammad SAW bahwa jejaringan atau silaturahmi itu memberikan 2 manfaat besar, pertama mudah rezeki dan yang kedua umur panjang.Jadi, kalau ingin punya banyak rezeki maka perbanyaklah silaturahmi atau networking. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini sangat mudah bagi orang untuk networking melalui internet (yang memang aslinya adalah network) mailing list, Face Book, Twitter, My Space dan lain-lain.
Tapi menurut saya, networking face to face jauh lebih bermanfaat. Selamat bernetworking.
Share on Google Plus

About Taufik Arifin

0 comments: