Manfaatkan Jasa Konsultan

Awalnya saya tidak punya rencana untuk mengunjungi klien saya yang satu ini karena hari telah sore tapi karena lokasi kantornya tidak jauh dari rumah saya putuskan untuk mampir saja sekaligus untuk memenuhi target kunjungan harian saya. Waktu sudah menunjukkan jam 5.15 petang pada saat saya sampai, saya langsung menuju ke kantor tapi seperti yang saya duga teman ini sedang berada di kantor Building Management (BM). Ya, teman ini adalah manager pengelola dari sebuah Shopping Center terbesar di kota Tangerang. Tahun ini adalah tahun ke 2 saya mengenalnya sejak dia ditunjuk sebagai BM bersamaan dengan mulai beroperasinya Mall ini.

Sudah hampir sebulan saya tidak mampir ke Mall ini, ketika saya masuk saya melihat perubahan yang sangat besar di dalamnya, suasana mall cukup ramai padaha hari itu hari Senin dan di sore hari pula. Banyak pengunjung yang berbelanja di toko-toko yang telah terisi penuh hampir di setiap lantai. Demikian juga dengan restoran-restoran dan food court banyak sekali orang yang duduk dan memesan makanan. Bagi saya ini suatu perubahan besar, karena masih jelas diingatan saya keluhan teman saya dan para pimpinan mall ini yang juga saya sudah kenal dekat mengenai rendahnya tingkat kunjungan. Masih ingat cerita teman-teman ini tentang banyaknya menyewa dan pemilik kios yang ingin berhenti dan keluar dari mall karena dagangan mereka sepi. Bahkan teman-teman saya pernah menawarkan sewa kios yang sangat murah dan cukup hanya membayar service charge (biaya kebersihan) saja, itupun hanya sedikit yang mau. Tahun lalu seorang teman kuliah saya yang mempunyai toko handphone di lantai dua pernah bercerita bahwa dia sangat kecewa sekali membuka toko disana karena sangat sepi dengan pembeli.
Karena saya sangat sering datang ke mall ini, saya dapat membaca air muka dari para pedagang, dulu wajah mereka kurang berseri tapi sekarang saya dapat melihat keceriaan memancar dari wajah-wajah mereka, mereka terlihat bersemangat melayani pembeli mereka.

Ketika bertemu dengan sang BM saya langsung tunjukan ketakjuban saya “wah pak, sekarang mall ramai sekali ya” ya Alhamduillah pak sekarang sudah cukup ramai, ternyata bapak juga merasakan juga ya” balas teman saya itu. Kemudian dia bercerita, sejak beberapa bulan lalu kami menggunakan jasa konsultan yang biasa mengelola Mall, mereka yang memberikan masukan apa yang harus kami lakukan untuk meningkatkan pengunjung” jawabnya. Lalu saya tanya lagi “bukankah dulu sudah ada konsultan Mr. W yang orang Singapura” jawab saya. “Oh iya dulu kita bekerjasama dengan dengan beliau tapi secara pribadi, kalau dengan ini mereka adalah perusahaan yang lebih lengkap, bahkan mereka menempatkan salah seorang karyawannya disini” jawabnya. Dia juga mengatakan bahwa tingkat hunian sekarang ini sudah di atas 80%.

Memang jasa konsultan sangat besar artinya bagi kesuksesan sebuah bisnis tak peduli apakah itu bisnis kecil atau bisnis besar. Apalagi bagi bisnis besar seperti mall ini, mall itu harus sukses karena investasi yang ditanamkan sangat besar, untuk sebuah mall sebesar itu diperlukan dana lebih kurang 250 milyar. Nah, kalau investasi sebesar itu tidak berhasil, dapat dibayangkan betapa besarnya kerugian yang akan terjadi. Namun sebaliknya kalau mall itu sukses tentunya akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi investor dan developer.
Konsultan adalah pihak ketiga yang dapat melihat bisnis kita dengan sudut pandang yang benar. Dengan pengetahuan dan pengalamannya, mereka mampu mengarahkan jalan bisnis kearah yang terbaik, mereka bisa melihat kesalahan yang kita lakukan meski kita tidak merasakan bahwa itu suatu kesalahan. Mereka mempunyai pengalaman luas atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang lain agar tidak terjadi di tempat kita. Mereka juga melihat hal-hal yang baik yang dilakukan orang lain agar kita juga dapat menjalankannya. Dengan memanfaatkan jasa konsultan kita terhindar dari kegagalan dan biaya tinggi akibat tindakan “uji-coba” karena konsultan telah mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang itu.

Jasa konsultan tidaklah melulu hanya untuk bisnis besar, bisnis kecilpun kalau mau berhasil perlu juga memanfaatkan jasa konsultan bisnis. Ketika seseorang akan memulai sebuah warung kecil sebaiknya tanyakan dulu kepada mereka yang sudah sukses menjalankan bisnis itu. Apa yang mereka lakukan, bagaimana caranya, siapa supplier, siapa membelinya berapa harga pokoknya dan berapa keuntunganannya. Carilah satu atau dua orang konsultan sebelum memulai sebuah bisnis.
Jasa konsultan tidak hanya untuk bisnis, hampir semua bidang ada jasa konsultan yang bisa didapatkan, bidang keuangan, asuransi, pendidikan, konstruksi, perjalanan, kesehatan, agama, dan banyak lagi bidang lain. Manafaatkanlah jasa ini karena dengan mendapatkan jasa konsultasi anda akan lebih mudah mendapatkan apa yang anda inginkan. Memanfaatkan jasa konsultan memang perlu biaya, tapi kerugian yang timbul akibat tidak memanfaatkan jasa konsultan jauh lebih besar.
Share on Google Plus

About Taufik Arifin

0 comments: