Barang Rendah Kwalitas

Sudah hampir satu bulan ini saya punya masalah dengan keran air di rumah. Ada 4 titik yang bocor, masing-masing menetes tapi kalau ditotal ke 4 titik itu bocornya juga lumayan besar. Yang membuat saya kesal ialah keran air di wastafel. Pada saat saya mengganti dan memutarnya langsung remuk kayak kerupuk. Pertama saya memutar putaran katupnya dan langsung patah. Setelah itu saya coba membuka dengan memutar kepala keran, dan langsung patah lagi. Sehingga saya tidak punya pegangan lagi untuk memutar. Saya gunakan kunci inggris untuk memutar bagian yang tertinggal di dinding (sambungan pipa) tapi yang terjadi bagian inipun remuk. Sehingga hampir tidak ada lagi yang bisa dipegangan padahal di dalam drat pipa ada bagian keran yang tertinggal. Akhirnya saya gunakan tang dan saya putar-putarkan di dalam pipa. Besi keran terkikis seperti tanah liat saja, beberapa saat kemudian semua bagian keran yang tertinggal lepas. Akhirnya saya bisa memasukkan keran baru buatan Jepang yang harganya jauh lebih mahal.
Keran itu belum berapa lama kami pasang, tapi karena memang mutunya sangat rendah sebentar saja sudah bocor dan ternyata memang bahan pembuatannya memang kwalitas sangat rendah. Saya bertanya dalam hati, untuk apa orang China membuat barang yang tidak bermutu seperti itu? Bukankah itu sama saja melakukan hal yang sia-sia sekaligus merusak nama bangsa mereka sendiri.
Share on Google Plus

About Taufik Arifin

0 comments: