Apakah
itu Kontra Bank Garansi?
Kontra bank garansi
adalah produk bank garansi hasil kerjasama antara perusahaan asuransi dengan
bank. Perusahaan asuransi menyediakan jaminan atau dana dan bank menyediakan
fasilitas berupa pagu/plafond dana yang boleh digunakan oleh perusahaan
asuransi. Bank garansi diterbitkan oleh bank.
Apakah
sama fungsi dan nilainya antara kontra bank garansi dengan bank garansi biasa?
Sama. Secara validitas,
tidak ada bedanya antara Kontra Bank Garansi dengan Bank Garansi. Kedua-duanya
diterbitkan oleh bank dengan proses dan status yang sama. Yang membedakan
adalah, bank garansi, dana yang ditahan oleh bank adalah dana milik kontraktor
sementara untuk kontra bank garansi
dana yang ditahan adalah dana milik perusahaan asuransi.
Apa
perbedaan Surety Bond dengan Kontra Bank Garansi?
Surety Bond diterbitkan
oleh perusahaan asuransi dan tidak melibatkan bank. Bank Garansi diterbitkan oleh
bank. Penggunaan Surety Bond dan Kontra Bank Garansi tergantung kepada pemilik
proyek. Biasanya, jika nilai proyek tidak terlalu besar pemilik cukup meminta
Surety Bond karena biayanya lebih kecil dan prosesnya lebih sederhana untuk
memudahkan kontraktor. Tapi kalau nilai kontraknya tinggi biasanya pemilik
meminta jaminan kontra bank garansi
karena lebih secured dan terjamin.
Apakah
semua perusahaan asuransi bisa menerbitkan Kontra Bank Garansi?
Tidak, hanya perusahaan
asuransi yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja. Oleh
karena itu selalu minta konfirmasi jika mendapat penawaran dari perusahaan
asuransi
Apakah
semua perusahana asuransi yang sudah mendapat izin dari OJK bisa bekerjasasama
dengan semua bank?
Tidak, sesuai dengan
kemampuan dan kapasitas yang ada perusahaan asuransi hanya bekerjasama dengan
bank-bank tertentu saja. Terutama bank BUMN dan bank nasional besar lainnya.
Apa
saja persyaratan yang diperlukan untuk penerbitan Kontra Bank Garansi?
Sama seperti
persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Antara lain
sebagai berikut:
1.
Akte pendirian dan perubahan perusahaan
2.
Semua surat izin
3.
Copy KTP dan KK pengurus perusahaan
4.
Pengalaman kerja
5.
Undangan tender atau copy contrak
6.
Laporan keuangan 3 tahun terakhir
7.
Lain-lain
Berapa
lama proses penerbitan Kontra Bank Garansi?
Jika semua dokumen dan
persyaratan sudah lengkap, maksimal dalam waktu 2 minggu sudah terbit. Biasanya
yang membuat proses menjadi lama adalah kelengkapan dukumen. Sering dokumen
yang diperlukan tidak ada atau beleum diperpanjang. Bisa juga karena hasil
analisa pendahuluan ada hal-hal yang perlu dilengkapi.
Bagaimana
cara mengurus Kontra Bank Garansi yang terbaik?
Untuk mendapatkan
fasilitas ini tidak mudah karena harus mengawinkan antara bank dan perusahaan
asuransi. Untuk itu diperlukan jasa
perusahaan broker asuransi yang
mempunyai keahlian khsusus menggabungkan bank dan asuransi. Mereka juga dapat
menseleksi dokumen dan data yang ada agar sesuai dengan yang diinginkan oleh
perusahaan asuransi dan bank.
Salah satu perusahaan broker asuaransi yang terbaik dan dapat diandalkan adalah L&G Insurance Brokers. Perusahaan
ini secara resmi sudah terdaftar di
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai team yang sangat lengkap, berpengalaman
dan telah berhasil menerbitan ribuan bank
garansi dengan nilai proyek triliuan rupiah. Hubungi sekarang juga agar
bank garansi anda segera terbit.
0 comments:
Post a Comment