Ini dia penjelasan mengenai luas jaminan asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang



Polis asuransi Asuransi pengiriman Asuransi  menjamin resiko-resiko sejak barang berangkat meninggalkan halaman gudang/rumah hingga sampai di tempat tujuan. Biasanya untuk pengiriman antar pulau atau ke keluar negeri. Ada berapa jenis alat angkut yang digunakan. Pertama angkutan darat dari gudang ke pelabuhan. Alat angkutnya berupa truk, trailer truck low bed, multi axel dan lain-lain. Dari pelabuhan barang dimuat (loading) ke atas kapal laut. Setelah sampai di pelabuhan tujuan, barang diturunkan dan kemudian diangkut lagi dengan truk atau kendaraan angkutan darat lainnya hingg sampai di tempat tujuan. Polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang  menjamin resiko-resiko yang terjadi selama perjalanan dari gudang awal hingga sampai di tujuan akhir. Jadi, jaminannya ada jaminan resiko ketika berada di darat (land transit risks) dan ketika berada di atas kapal di laut. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pengguna asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang adalah apakah semua resiko atau kecelakaan yang terjadi dijamin oleh polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang? Jawabannya tidak semua resiko dijamin! Luas jaminan polis asuransi tergantung dari isi polis asuransi yang diterbitkan. Semakin luas jaminannya semakin banyak resiko yang dijamin. Sayangnya tidak semua masyarakat tahu isi jaminan yang ada di dalam polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang.

Secara umum polis Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang mempunyai beberapa kelompok luas jaminan, pertama ICC ”C” atau Institute Cargo Clause “C”. ICC ”C” jaminannya sangat terbatas, hanya menjamin resiko-resiko utama seperti bencana alam dan perils of the sea. Jaminan ini diberikan biasanya untuk pengangkutan menggunakan kapal tugboat dan barge. Jaminan berikutnya dan lebih luas adalah ICC “B” ia juga menjamin resiko loading and unlaoding dan lain-lain. Jaminan yang paling luas adalah ICC “A” ini mirip dengan jaminan “All Risks” walau dalam beberapa hal ada perbedaan. Jaminan ini diberikan biasanya kepada pengangkutan yang menggunakan cargo vessel atau kapal cargo karena jauh lebih aman dan terlindungi. Untuk mendapatkan jaminan Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang yang terbaik perlu pengetahun khusus. 

Tinggi rendahnya premi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, faktor jenis barang yang akan diangkut. Untuk berang yang mempunyai resiko besar seperti bahan kimia, bahan peledak atau barang-barang yang mudah rusak maka premi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang relatif tinggi. Kedua, jenis alat angkut yang digunakan. Untuk angkutan darat jenis alat angkutnya relatif sama karena hanya ada angkutan truk dan kereta api. Tapi untuk angkutan laut ada beberapa variasi alat angkut seperti, cargo vessel atau kapal angkut biasa yang terdiri dari besi. Ada jenis Landing Craft Tank (LCT), dibandingkan kendan cargo vessel, LCT resikonya lebih tinggi karena ada bagian yang rendah dan mudah dimasuki air laut. Jenis berikutnya adalah tug boat dan barge (kapal tunda dan kapal tongkang) kedua kapal ini digunakan secara berpasangan. Kapal tunda bertugas menarik kapal tongkang karena kapal tongkang tidak bisa bergerak sendiri. Masing-masing jenis kapal mempengaruhi tariff premi asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang

Untuk mendapatkan jaminan Asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang yang terbaik, Anda sebaiknya memakai  jasa perusaahaan broker asuransi atau insurance broker. Karena merekalah yang tahu persis luas jaminan asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang yang terbaik untuk anda, biaya premi yang paling efisien serta adanya bantuan sekiranya terjadi klaim dikemudian hari. 

Perusahaan broker asuransi yang terbaik untuk Asuransi pengiriman barang |yaitu L&G InsuranceBroker yang |telah berhasil|sukses menyelesaikan puluhan ribu polis asuransi pengiriman barang ke seluruh Indonesia dan ke luar negeri. Mereka juga telah sukses membantu menuntaskan klaim asuransi pengiriman barang atau asuransi pengangkutan barang puluhan miliaran rupiah. Kami sarakan anda agar dapat segera menghubungi L&G dengan mengklik  diatas sekarang juga. 

Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (snr.assouc) adalah seorang ahli pialang asuransi Indonesia  berpengalaman 35 tahun. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi di 081586662730
Share on Google Plus

About Taufik Arifin

0 comments: