Author: Sean ONeill
Banyak industri saat ini merasakan
dampak dari krisis keuangan termasuk otomotif. Secara tradisional penjualan mobil merupakan
bagian integral dari ekonomi, penjualan mobil di pasar yang selama ini kuat sekali
kini menurun karena kurangnya
kepercayaan konsumen dan adanya perubahan dalam cara orang membeli. Hari ini,
semakin banyak orang melakukan riset online daripada mengunjungi dealer mobil.
Perubahan-perubahan dalam
cara orang membeli telah mempengaruhi lanskap pemasaran dalam segala bentuk, tidak
hanya di otomotif . Di industri lain seperti media, ritel, keuangan, dan
pendidikan, internet telah mengubah cara orang membeli dan juga menyebabkan
peningkatan persaingan. Sebagai akibat dari penaikan ini informasi yang
tersedia secara online kini pembeli rata-rata menghabiskan lebih banyak waktu meneliti
sendiri pembelian daripada mengunjungi toko tradisional seperti dealer.
Hari ini, para pemasar
konsumen harus menghabiskan waktu dimanapun konsumen berada, pemasar konsumen
barang mewah harus berbuat lebih banyak untuk menarik dan melibatkan pembeli
dan mempertahankan loyalitas merek mereka. Misalnya, satu laporan dari perusahaan
konsultan manajemen McKinsey menunjukkan bahwa untuk pembelian mobil kunjungan rata-rata
ke dealer sedikit sekalli hanya 1,6 kunjungan dibandingkan dengan rata-rata
lima kunjungan 10 tahun yang lalu.
Ini mencerminkan tantangan
untuk pemasaran produk konsumen mewah di semua bidang, di mana pelanggan kini
mempunyai beberapa sarana seperti sosial, web, mobile, dan email. Dalam kondisi
ini , toko fisik menjadi kurang penting untuk mengumpulkan informasi.
Pemasar konsumen sekarang
harus berada dimana pun pelanggan
mereka, bukan hanya di dalam toko. Mereka perlu mengikat semua titik-titik data
dan bukan hanya mengumpulkan informasi tentang pelanggan potensial untuk
benar-benar mampu menjaga pelanggan potensial tertarik dengan merek dari waktu
ke waktu.
Untuk beradaptasi dengan
pasar yang terus berubah ini, ada tiga tindakan pemasaran yang dapat memaksimalkan
potensi pertumbuhan:
1. Dapatkan data tepat waktu
Seperti semua pemasar, mereka
yang terlibat dalam penyewaan mobil, menjual asuransi, dan mempunyai kontrak
selama beberapa tahun menemukan banyak potensi untuk menghasilkan bisnis baru
dari pesan yang ditargetkan dan tepat waktu. Sebagai pemasar konsumen, Anda
dapat menyelaraskan proses penjualan dan pemasaran Anda sedemikian rupa sehingga
kunjungan lintas-channel dilacak, pesan otomatis, dan tepat waktu dikirim ke
penjualan untuk tindak lanjut. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan
menggunakan platform otomatisasi pemasaran.
Sebagai contoh, tantangan membuat
proses otomatis untuk menjangkau sewa pelanggan dapat diselesaikan dengan
teknologi otomatisasi pemasaran. Hal ini dapat memecahkan tantangan berarti peluang
untuk membantu pelanggan menemukan sebuah mobil baru ketika sewa mereka akan
segera berakhir tidak jatuh melalui celah-celah. Sebaliknya, platform
otomatisasi pemasaran secara otomatis dapat menghasilkan lead untuk setiap sewa
mendekati jatuh tempo dan mengirim peringatan kepada manajer account yang
terlibat.
Jadi dengan menggunakan
teknologi yang tepat untuk menganalisis bunga dan interaksi dan mendorong informasi
yang tepat dari konten untuk pembelian. Dengan demikian nnda dapat secara
signifikan meningkatkan retensi pelanggan.
2. Terlibat dalam Jaringan
Pemasaran Multi Channel
Hampir di semua industri kita
melihat bahwa pelanggan menggunakan beberapa perangkat untuk penelitian dan
terhubung dengan produk dan layanan. Hal ini sangat relevan ketika mereka datang
ke bisnis-konsumen yang diarahkan. Namun, menyelaraskan pesan yang konsisten di
semua perangkat dan melacak data menjadi tantangan besar.
Pada beberapa organisasi
besar, sering ada campuran dari alat yang berbeda, semua beroperasi di saluran
komunikasi mereka sendiri.
Dengan menggunakan otomatisasi
pemasaran secara penuh dan bukan hanya dengan sistem pemasaran email mandiri,
Anda akan menciptakan pendekatan terkonsolidasi di mana dimungkinkan untuk
terhubung dengan pelanggan potensial di seluruh saluran mereka dan membangun
profil sesuai dengan cara interaksi mereka. Memiliki profil ini di satu tempat
membantu Anda berkomunikasi dengan audiens Anda lebih efektif dan pribadi,
sehingga kemungkinan bahwa mereka akan mengambil tindakan dan pembelian.
Mari kita gunakan contoh
dealer otomotif. Ia ingin menjalankan kampanye penjualan yang menargetkan
orang-orang yang telah membeli mobil dalam jangka waktu tertentu, tertarik untuk
upgrade kendaraan mereka. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengirim
beberapa informasi tentang mengapa hal itu akan bermanfaat untuk mengubah dan
jenis penawaran yang mereka bisa mendapatkan. Jika dealer hanya mengandalkan
email, maka pesan tidak mungkin konsisten ketika pembeli mengunjungi situs web
atau media sosial halaman dealer. Dan jika pembeli mengakses konten melalui
ponsel, itu harus dioptimalkan untuk mobile. Jadi, hal terbaik untuk dealer
untuk melakukan hal ini adalah untuk memberikan pesan yang konsisten dan
menarik untuk pengguna di seluruh saluran ini, dengan mempertimbangkan tindakan
yang pernah mereka telah lalukan sebelumnya. Tanpa menghubungkan semua saluran
ini ke dalam satu sistem, komunikasi tidak akan menyentuh pribadi dan konsisten
dengan perilaku pembeli. Jika pembeli telah menerima email dan kemudian
mengklik website dan kemudian berbagi gambar mobil dengan jaringan sosial
mereka, maka mereka harus menerima pesan pribadi untuk proses pembelian. Ini hanya dapat dicapai dengan
pemetaan seluruh prosesnya. Berikut adalah cara rute dan proses:
3. Lakukan Analytics yang
sudah Ditingkatkan
Pasar negara berkembang sekarang
mengalami pertumbuhan, yang berarti mereka harus meningkatkan segmentasi dengan
memisahkan database mereka ke konsumen yang paling cocok untuk setiap kampanye dan
memberikan informasi lokasi yang lebih spesifik lagi.
Data perilaku, seperti
pemahaman klik-melalui harga, kata kunci, waktu yang dihabiskan per halaman,
dan ulangi kunjungan, adalah bagian penting dari menciptakan pesan yang
ditargetkan.
Dengan kondisi pasar
tradisional yang melambat, yang lebih penting adalah untuk menemukan cara untuk
menarik pembeli potensial dan Upsell untuk basis klien Anda yang sudah ada.
Anda dapat melakukannya dengan melacak data baik demografi dan firmographic dan
memahami nilai konten Anda. Tidak hanya pada sentuhan pertama tetapi pada
tingkat multi-touch.
Sentuhan pertama yaitu memberikan
pertanda bagus karena memberikan indikasi kesuksesan kinerja pemasaran dan
berapa banyak pelanggan potensial telah berhasil ditarik oleh kampanye itu,
tapi hal ini dapat memberikan data yang menyesatkan, di mana pembeli tidak
terlibat langsung dengan bisnis. Sebaliknya, prospek ini sering menyentuh
berbagai saluran sebelum mereka terlibat. Sehingga hanya multi-touch atribusi
dapat menunjukkan pemasar nilai sebenarnya dari konten mereka di mempengaruhi
penawaran dari waktu ke waktu.
Mengikat Semuanya
Ada beberapa cara untuk mendapatkan
data yang tepat waktu, menerapkan strategi multi-channel, dan memonitor
perilaku pembeli, tetapi dengan menyediakan satu sistem catatan untuk semua
keterlibatan pelanggan Anda, perangkat lunak otomatisasi pemasaran memberikan
pemasar cara terpusat dan mudah untuk mendapatkan informasi perjalanan
pelanggan Anda. Dengan menunjukkan konten yang bekerja untuk Anda dan apa yang
dapat ditingkatkan, ini akan membantu Anda memutuskan strategi terbaik untuk
mengoptimalkan pendapatan dan mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.
Bagaimana Anda terlibat
dengan pelanggan Anda dalam terkoordinasi, cara cross- channel ? Di mana Anda
berjuang ? Silakan berbagi di komentar di bawah:
_______________________
0 comments:
Post a Comment