Naik Kerata Api semakin Nyaman (Part 2)




Sejak kami pindah kantor ke sektor 3 Bintaro, saya semakin sering naik kerata api karena kantor kami hanya berjarak sekitar 250 meter dari stasiun.


Dan saya semakin menyadari betapa nikmatnya menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi di Jakarta ini. Semuanya lebih baik dan lebih nyaman dari pada angkutan umum lainnya ataupun dari pada menggunakan kendaraan sendiri.




Dari Bintaro sekarang ini dalam 1 jam minimal ada 2 kereta yang menuju ke dalam kota Jakarta ke Kebayoran Lama, Senayan, Tanah Abang, Dukuh Atas dan Manggarai ataupun dari Tanah Abang ke Kota dan Kampung Bandan. Demikian pula sebaliknya dari stasiun Tanah Abang.


Waktu tempuhnya pun sangat cepat, dengan KRL dari Bintaro ke Kebayoran Lama 7 menit, ke Senayan 15 menit dan ke Tanah Abang 20 menit. Sungguh sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan jalan raya.


Ongkosnya pun relatif murah, untuk kereta ekonomi Rp.1,500 sampai kemanapun arah ke Jakarta. KRL biasa Rp. 4,500 (pakai a/c) sedangkan KRL AC Rp. 8,000.




Suasana di dalam KRL sama dengan naik kereta di Jepang (karena memang KRL ex Jepang), Singapura ataupun Hongkong. Para penumpang adalah para professional dan pengusaha mereka bisa duduk santai di ruang yang sangat dingin. Tidak ada tukang asongan ataupun tukang ngamen dan benar-benar nyaman.




Kalau sudah sudah sampai di stasiun tujuan bisa melanjutkan dengan kendaraan lain seperti taxi, busway ataupun dengan ojek.




Hari Rabu kemarin saya sempat 2 kali bolak balik ke Jakarta untuk meeting. Pertama saya ke Jl. Juanda janji jam 11.30. Saya keluar dari kantor jam 10.50 sampai di stasiun menunggu 10 menit datanglah KRL Ciujung dan langsung berangkat dan sampai di tempat meeting jam 11.30. Sesudah meeting dan makan siang dan sholat di situ dan saya kembali ke Bintaro lewat Tanah Abang lagi. Ongkos taxi Rp. 11,000, kemudian beli tiket lagi KRL Ciujung Rp. 4,500 berangkat jam 13.35 dan jam 13.55 sudah duduk manis lagi di kantor. Selanjutnya saya ada meeting jam 15.00 di Kebayoran Lama. Jam 15.00 kurang 1o menit saya berangkat dan jam 15.00 kurang 5 menit datang KRL loncat naik dan jam 15.00 pas sampai di Kebayoran Lama. Pulangnya naik lagi dari stasiun Keb. Lama jam 18.15, dan jam 18.30 sholat magrib di rumah!




Saya sangat mendukung program pemerintah untuk menggalakan pembangunan sarana kereta api di negeri ini. Saya dengar pemerintah akan kembali membuka jalur Sukabumi-Cianjur, Padang-Solok (untuk wisata), pembangun ganda di beberapa wilayah.
Share on Google Plus

About Taufik Arifin

0 comments: